Friday, September 29, 2017

Beberapa Jenis Finishing Lantai Yang Populer Saat Ini

Lantai memegang fungsi penting bagi sebuah bangunan rumah. Bagian ini sangat mempengaruhi keindahan dari tampilan rumah secara keseluruhan sekaligus menentukan rasa nyaman penghuni rumah. Meski demikian banyak orang yang masih menyepelekan hal ini. Dengan gampang mereka beranggapan bahwa yang penting ada lantai dan dikeramik, semua beres. Mungkin wajar jika anggapan tersebut muncul atas dasar penyesuaian budget. Namun bila memang mencukupi untuk membangun hunian yang nyaman kenapa tidak memberikan perhatian lebih pada aspek ini?

Di jaman ini telah muncul berbagai jenis finishing lantai yang dapat kita pilih untuk diterapkan pada bagian pijakan di rumah kita. Dahulu mungkin finishing dengan menggunakan  semen sudah cukup untuk menghiasi permukaan lantai, tapi sekarang karena beragam bahan konstruksi sudah semakin bervariasi maka finishing lantai dengan semen pada akhirnya mulai di tinggalkan. Apalagi jika pemilik rumah menginginkan segala bagian rumah mengandung nilai estetika maka  dia pun akan sangat memikirkan finishing lantai seperti apa yang cocok sehingga keinginannya tersebut pun terwujud.

Berikut adalah jenis – jenis Finishing lantai yang marak diaplikasikan saat ini:

·         Keramik
Bahan bangunan menjadi jenis finishing lantai yang paling banyak dipilih. Dalam pembuatannya tanah liat dicetak menggunakan cetakan khusus untuk membentuk ukuran dan menghasilkan pola tertentu pada keramik (jika memang dalam desainnya diberi pola / motif).
Kelebihan dari keramik sendiri antara lain adalah, pilihan beragam, kedap air, awet, harga terjangkau, dan mudah dibersihkan. Sedangkan untuk kekurangannya adalah kurang nyaman ketika dipijak terkadang memberikan rasa dingin, rentan goresan dan pecah, permukaan serta pinggiran yang kurang rapi (kecuali keramik mahal).

·         Parket
Lantai parket terbuat dari potongan kayu yang telah melalui proses pembentukan sehingga dapat diaplikasikan pada lantai. Mereka yang memang menyukai material kayu bisa menjadikan jenis finishing ini sebagai pilihan alternatif. Berbeda dengan keramik yang terasa dingin lantai parket justru bersifat hangat.

·         Vinyl
Jenis lantai yang satu ini tersusun dari sejumlah lapisan, yaitu compact layer, giber glass, dan printing layer. Karakter ristik dari bahan ini lentur sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya.

No comments:

Post a Comment