Friday, August 25, 2017

Desain Tali ID Card Dan Beberapa Cara Untuk Mencetaknya

Supaya tampilan dari tali id card dapat mencirikan identitas dari organisasi yang mengeluarkannya bersama dengan name tag maka diperlukan sebuah desain khusus. Desain ini pun sebaiknya dikerjakan oleh orang yang ahli dibidang desain grafis sehingga komposisi visual yang kuat dapat terpancar dari hasil akhirnya. Semua elemen yang membentuk tampilan tali tanda pengenal memiliki makna masing – masing. Contohnya pemilihan model huruf atau tipografi. Sebuah gaya huruf misalnya Arial akan cocok untuk dimasukan dalam rancangan tali yang dimiliki oleh lembaga – lembaga formal. Sedangkan bila jenis font tersebut diterapkan untuk (katakanlah) organisasi pedidikan seni maka kesannya akan terlalu kaku. Padahal kita tahu bahwa dalam dunia ada nilai kebabasan. Selain tipografi ada banyak sekali unsur grafis lainnya yang membangun kualitas dari desain tali atau contoh desain grafis lainnya.
Karena sedari awal kita membahas tentang tampilan dari tali name tag dan perbincangan kita telah sampai kepada gambar rancangannya. Untuk selanjutnya bagaimana kalau kita uraikan juga secara singkat macam – macam cara untuk mencetak desain ke atas tali. Lagi pula dengan mengetahui hal tersebut jika diantara kita ada sedang bertugas untuk pengadaan tali kita jadi memiliki ilmu yang bermanfaat untuk menentukan tektik percetakan seperti apa yang tepat untuk kita pilih. Jadi silahkan terus membaca dan semoga seluruh tulisan yang anda baca ini benar – benar bisa memberikan manfaat.
Kami kutip dari laman http://produksitaliidcard.com/ inilah aneka metode percetakan untuk memindahkan desain tali ke permukaan bahan tali
  • Sablon

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sablon. Namun perlu kami beri tahu dulu jika sablon yang kami maksud adalah sablon manual. Kelebihan dari teknik ini adalah hasil cetak yang didapatkan sangat kuat dan tahan lama. Sedangkan kekurangnnya yaitu penerapan warna yang terbatas dan juga akurasi antara warna di desain dengan hasil akhir terkadang tidak tepat sesuai.
  •  Direct Printing

Tidak seperti sablon manual yang proses cetaknya dikerjakan dengan tangan manusia, direct printing sudah menggunakan mesin. Nilai lebih dari cara kedua ini adalah kita dapat mencetak objek berupa gambar sparasi.
  •          Tenun


Hasil desain untuk sebuah tali dibentuk dengan cara ditenun.

No comments:

Post a Comment